Perangkat Akreditasi SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK

Download Perangkat / Instrument Akreditasi Tingkat SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK - Dalam rangka menyongsong Renstra 2015-2019, BAN-S/M telah melaksanakan review dan Ujicoba perangkat akreditasi berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan sejak tahun 2011 sampai dengan 2013. Perangkat yang telah dilakukan review dan ujicoba yaitu: Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan SLB. Perangkat Akreditasi tersebut masih menggunakan dasar peraturan sebelumnya sebab review dan ujicoba yang telah dilaksanakan tidak dilakukan secara fundamental.
Review dan ujicoba dilaksanakan terhadap empat elemen yaitu Instrumen Akreditasi; Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi; Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi; dan Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi sebagai satu kesatuan. Namun demikian, review dan ujicoba terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi hanya dilakukan untuk jenjang SMA/MA.
Perangkat Akreditasi SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK
Urgensi Review dan Ujicoba karena beberapa alasan :
  1. Terdapat beberapa butir Instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan;
  2. Terdapat beberapa butir Petunjuk Teknis (juknis) yang dapat menimbulkan multitafsir;
  3. Terdapat beberapa butir dalam Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung yang belum lengkap;
  4. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SMA/MA di mana bobot butir belum dibedakan dan nilai akhir belum memakai pembulatan; dan
  5. Perangkat akreditasi SLB yang terdiri atas perjenis Ketunaan perlu disederhanakan.
Dengan demikian, review dan ujicoba perangkat akreditasi sekolah/madrasah dilakukan agar diperoleh Instrumen Akreditasi yang memenuhi aspek kelayakan baik dari segi keterbacaan maupun kesesuaian dengan kondisi di lapangan; tersedia Juknis yang dapat dipahami oleh semua pihak; tersedia Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung yang lengkap; penyesuaian Teknik Penskoran SMA/MA dengan jenjang lain; dan Perangkat akreditasi SLB disederhanakan menjadi perjenjang pendidikan.

Dalam pembahasan ini, kami memberikan dan berbagi mengenai instrument akreditasi yang bisa digunakan sebagai rambu-rambu bagi sekolah maupun madrasah yang akan menghadapi akreditasi ditahun 2016. Dibawah ini kami berikan link download perangkat akreditasi sebagai bahan untuk dipelajari dan siapkan agar memperoleh hasil yang diharapkan.
Demikianlah informasi dari datalagi.blogspot.com mengenai Perangkat Akreditasi SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK, semoga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pembaca maupun yang sedang membutuhkan. Amin...
Labels: Akreditasi, Informasi

Thanks for reading Perangkat Akreditasi SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK. Please share...!

Back to Top