Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar

Datalagi.blogspot.com - Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar - Kegiatan guru yang wajib untuk dikerjakan adalah membuat perangkat pembelajaran dengan benar dan juga efektif. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi diantaranya adalah RPP, Silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Analisis Pembelajaran, Pemetaan dll. Untuk itu, guru harus mengetahui mengenai cara efektif dan benar dalam membuat Rancangan Perangkat Pembelajaran yang baik yang dapat digunakan dalam melakukan kegiatan pembelajaran / KBM.

Dari alasan inilah kami berbagi informasi mengenai bagaimana cara membuat dan merancang perangkat pembelajaran dengan baik dan benar. Disini kami tidak merasa paling bisa, namun kami hanya berbagi pengetahuan tentang panduan membuat perangkat pembelajaran yang kami ketahui dan yang kami jalankan. Berikut ini adalah langkah-langkah (Panduan) dalam membuat perangkat pembelajaran guru dengan benar.
Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar
Perangkat Pembelajaran Guru
Dalam hal ini yang kami tekankan adalah panduan dalam membuat RPP, dan yang perlu ditekankan dalam proses pembuatannya adalah sebagai berikut :
  • RPP harus disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  • RPP yang baik dan benar itu harus jelas, artinya adalah siapapun yang mengajarkan akan bisa membaca dan melakukan karena di dalamnya dipaparkan tahap demi tahap (proses), maka dari itu guru dituntut untuk bisa membuat dan memahami konteks dalam RPP tersebut.
  • RPP mesti harus menggambarkan prosedur, dalam struktur organisasi pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan juga dijabarkan dalam bentuk silabus.
  • Dalam hal ini seorang guru harus memperhatikan pada susunan indikator dalam RPP, guru harusnya melibatkan 3 aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) tetapi tidak harus semuanya.
  • Salah satu dari ciri-ciri indikator yang kreatif dalam menyusun RPP ini adalah tentunya akan berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misal saja siswa membuat jurnal umum serta banyak lagi jenis penugasan yang kreatif dan memaksa siswa mempreaktekan berpikir tingkat tinggi, itulah substansi dari penyusunan RPP yang baik lagi benar.
  • Langsung mengajar tanpa membuat RPP terlebih dahulu boleh saja, asalkan seorang pendidik atau guru sudah memahami konteks pembelajarannya, karena substansi dari pembelajaran adalah transformasi mata pelajaran yang di ajarkan oleh guru kepada siswa, sangat tidak baik jika seorang guru meski ia memiliki RPP yang bagus namun tidak menguasai mata pelajaran tersebut.
  • Standar khusus RPP; ada beberapa langkah-langkah awal, inti, akhir serta disertakan jenis penilaiannya. Itulah yang menjadikan susunan rencana pembelajaran akan terlihat lebih sempurna serta lebih efektif untuk dilaksanakan oleh seorang pendidik / guru.
Itulah beberapa langkah dalam penyusunan perangkat pembelajaran guru yang menurut kami baik dan benar berdasarkan pengalaman yang telah kami lakukan sebelumnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan bagi para pembaca. Amin...
Labels: Panduan, Perangkat Pembelajaran

Thanks for reading Panduan Membuat Perangkat Pembelajaran Guru Dengan Benar. Please share...!

Back to Top